Posts Tagged ‘porting polished head’


Alhamdulillah ,

Riset terus berlanjut – setelah sebelumnya sang pemilik hanya ingin mengandalkan 150cc dan klep standard dan sudah tembus 20 an dk saat diliput maniakmotor dulu. Kini kejenuhan melanda , bagaimana tidak , untuk meraih tenaga terbesar sang pemilik harus memacu putaran mesin hingga 12500 rpm. Modal torsi yang hanya 15nm meski sudah ditekan kompresi 11:1 belum memuaskan nyali di putaran bawah dan menengah.

Akhirnya sang empu setuju melakukan bore up untuk merubah karakter output power. Tetap menggunakan spec andalan para pelanggan RAT Motorsport terdahulu, yaitu bore up 62mm biar murmerceng hehehe… Hanya yang berbeda kali ini adalah desain head. Beruntung kita bertemu partner pak haji sandy agung dari SND Racing, yang mau diajak riset dan saling bertukar pikiran. Ketemulah spesifikasi power head dengan diameter klep 24 / 21 ala roadrace asia. Pengerjaan head menggunakan komputer alias CNC machine membuat kepresisian lebih terjamin pasti!

Bushing klep didesain model ulir drat biar kekinian, serta valve seat dengan multi angle. Menggunakan bahan albronze yang lebih licin ketimbang besi cor membuat desain multi angle nya lebih jelas tertata. Porting polished masih menggunakan tangan – namun porting ini adalah copy dari master head cnc porting spec asia roadrace 😄 masih copy lho ya.. sudah unggul 2 tenaga kuda dari bore up 62mm terkencang yang pernah kita buat sendiri. Kalau make head cnc porting mungkin bisa menyentuh 30dk ++ 😁😁

Untuk ukuran porting, intake luar 30mm exhaust luar 27mm dan dilas pada sisi tikungan ex karena jebol hehehe… valve seat angle in konfigurasi 30 45 60 , sedangkan ex 25 45. Ini copy lho ya… yang ukuran porting komputer masih dirahasiakan hehehe…

Camshaft masih menggunakan yang spec sebelumnya, jadi murni riset ini adalah keunggulan upgrade mesin ini pada flow desain porting. Klep carbon steel juga membantu selain ringan juga kuat , serta tentunya dimodif back cut dong ya. Kalau ga paham apa itu manfaat back cut, bisa cek liputan motorplus back cut valve kebet aja sampe tuntas hehehe… yang nerangin juga pak kepala sekolah RAT langsung.

Oiya pir klep juga mengandalkan pir klep akutagawa jepang yang dipesan nitip ke mas Gendut GDT racing , jogjakarta. Kalau dipake race aja 1 tahun main rpm tinggi ga ganti, tentu dipake harian aman lah ya 😁

Optimalisasi sektor lain seperti Ecu Apitech : modifikasi throtle body yang direamer 31mm serta pemakaian velocity stack, serta knalpot custom stainless steel made in siapa tukang knalpot kita di sidoarjo kalian juga udah tahu hehehe 😄

Mencegah selip power , kampas kopling scorpio didaulat mengawal pir kopling CLD. Alhasil torsi 21nm serta semburan 30.3 tenaga kuda menjadi asyik untuk di jinak kan di 11rb rpm. Asolole ngangkat josss!!!

Tetap Sehat – Tetap Semangat!! Biar bisa modifikasi mesin tiap hari

RAT MOTORSPORT INDONESIA

RAYA BYPASS JUANDA NO 17

SIDOARJO JAWA TIMUR

085645577007

Pin bbm DB4892A2

Iklan

Alhamdulillah, 

Datang jauh dari semarang , jawa tengah, kotanya maestro dragbike eko chodox idola kita semua hehehe. Mr. S memboyong vixionnya yang udah kemebul, karena pistonnya letih untuk sekalian di korek mesinnya di RAT Motorsport, sidoarjo. Apa saja yang kita tata ulang? 

Otak Pembakaran 

Bersama Ardiansyah, siswa didik dari lampung,  fokus ubahan diarahkan ke ruang bakar. Block standard dilengserkan , dan diganti dengan block cylinder baru dengan piston 62mm. Dengan perhitungan luas penampang yang baru , tentu kita bisa membesarkan luasan katup. 

Rumusnya, 0.35 x diameter piston. Klik, masuk kalkulator, keluar hasilnya 21,7mm sekalian kita bulatkan 22mm. Exhaust valve dikalikan 85%, ketemu 19mm. Sudah jodohnya ukuran segitu. Langsung kita proses head nya, dan kita intip inspirasi dari head roadrace milik pak haji sandy agung pemilik snd racing. Hihihi… Lihat dibawah ini desain head kita mirip, haha maksa ya,  satu cnc yang satu kerajinan tangan 🙂

Yup setidaknya mendekati lah, arah sudut dan flow kita juga benar. Kuncian flow tetap di area sekitar klep. Sudut dudukan klep juga kita desain berbeda antara masuk dan buang. Desain porting “hi velocity” adalah kunci titik titik porting sudah dimengerti oleh siswa RAT hehehe… Tujuannya arah dan menghilangkan hambatan. Karena aliran udara lebih banyak tak terpatok dalam ukuran milimter, melainkan kecepatan, karenanya sigmat digital dan kaliper digital bukan acuan ahahahhaha 

Tumben kenapa kita pakai albronze, soalnya pemilik motornya juga istimewa dalam berjuang bersama mencari pundi pundi tenaga.Hasilnya apa pakai bahan albronze, kalau di foto di instagram keren hahahha meskipun nantinya kepasang ga keliatan. Rahasia kecantikan dari dalam cieeeehhh.. 

THE DIRRIGENT

Pengatur irama tenaga mesin dipahat dengan indah di durasi 250 derajat in dan 252 derajat  ex dengan Lc 106. Lift cam dihajar hingga 8,4mm dirasa cukup untuk menguasai medan touring. Meski lift ga lebih dari 9mm, pir klep tetap kita ganti pakai swedia. Jaga jaga supaya kalo di limiter 12rb ga cepet lelah, meskipun kami tahu pir klep standard mampu. 

Kenapa ga pakai durasi lebih besar ? Hehehe karena ga jaman. Durasi terlalu besar kadang justru bikin mesin out perform, karena kevakuman mesin menurun drastis. Kata graham bell, itu namanya Overcam, karena kamunya terlalu bersemangat dalam modif. Hehehhe… 

Ya kalau belajar mesin injeksi enak, kudu tertip ukuran. Apalagi kompresi kita cuma patok di angka 11,5 : 1 , yang didapat dengan cara melebarkan kubah ke sisi samping diameter piston. Fungsinya jelas supaya kalo digas ga bakal ngelitik. Tenaga merata ngisi terus, kata pemiliknya lho.. Kalo kata kita harusnya bore up 65mm biar jadi 30dk sekalian hehe

Putaran atasnya gimana terusan? Yup, throtle body kita reamer, karena kalo beli racing lumayan daripada lumanyun hehehe. Setelah reamer mentok, kita install velocity stack!! Ga percaya velocity stack ngefek ? Nihh.. Di roadrace aja nge bantu hehehe


ECU Tuning 

Yup kita memilih Daytona pro Ecu lebih dari yang lain, pertama nama besar Daytona, minim error karena risetnya di jepang sono pasti haik la ya. Kedua pastinya adalah user interface yang sangat baik, baik tampilan tabel diagram , tampilan 2D, grafik 3D maupun pointer titik-titik mana yang kita rubah. Fitur seting lengkap, fuel base map, ignition timing, acceleration, deceleration, injektor timing dan segala fitur set up lain yang mendukung kemudahan tuner dalam men seting Ecu sesuai kapasitas mesin. Finisihing pada Ecu bisa memberi ekstra 2-3 dk, terlebih ke bahagia an tuner bila ke stabilan performa otak ecu dalam mengkomputerisasi data secara cepat dan dapat diandalkan.

How we Tune? Yup, mr. Purnomo bagio selalu mematok performance tuning ecu diatas dynobench lengkap dengan sensor Afr yang menera perbandingan udara v bahan bakar. Tinggal atur map sesuai target afr terhadap performa yang diinginkan. Setelah tenaga tergapai. , finishing sedikit di jalan menyesuaikan riding style sang pemilik. Enak… Ga bau bensin pula di tangan.

Sang siswa , sementara berlatih main remote pake E-Map dulu hehehe biar ga mumet ndase 😁 nek aku yo malah mumet lha hasil tenaganya selisih ama yg pake laptop, selisihe ya lumayan 😄

Ah.. Yang penting ketika diambil sang pemilik sudah bilang mantab Jiwa !! Hehehe .. Dan aman dipakai turing sidoarjo balik ke jawa tengah. Jossss.. Tapi 2x bertarung masih kalah dengan GL herex hahaha.. Ya meskipun joki yang naik Gl juga kecil. Curang curang wkwkw

TETAP SEHAT ! TETAP SEMANGAT ! JALIN PERSAUDARAAN TIAP HARI

  • Rat Motorsport Sidoarjo
  • Jl. Bypass juanda baru no 17
  • Sedati, sidoarjo
  • Jawa timur 
  • 085645577007 
  • Wa : 081232809454
  • Pin : 2345147E  // 2B3DE851

Edit


Alhamdulillah, 

Semakin asyik dalam menekuni mesin ber pasokan bahan bakar elektronik. Kali ini media nya adalah motor kawasaki Ninja 250 Fi ( fuel injection ) , mesin sport dua silinder satu ini memang dikenal kurang galak ketika dalam kondisi standard. So, ini ada jurus ampuh dalam membuka kesaktian ruang bakar sang Ninja biar bisa berlari kencang.

Pelepasan gas buang

Pemilian knalpot tidak bisa sembarangan karena mesin dua silinder ini memerlukan harmoni gas yang keluar supaya tak saling berdesakan. Apalagi kondisi standarnya piping pada header terlalu kecil, mencekik bro… Ga bisa teriak, cuma mendesah hehehe… Kurang asyik. 

So header di custom dengan inlet diametre pipe 26mm, diteruskan colector dan piping custom. Muffler menirukan desain yoshimura japan, apalagi ditambah action lapisan carbon wah jadi semakin mboys. Knalpot yang bisa dipesan ini secara instan memberi extra tenaga 6-7dk yang melonjakkan tenaga standardnya 25dk menjadi 32dk. 

PORTING POLISHED HEAD

Ekstra 3 – 4 dk diperloh dari porting cylinder head. Tidak asal porting lho. Disini kita re cutter dudukan klep nya. Alias ditata ulang valve seat angle yang 45 derajat di tipisin dilanjut 60 derajat dan 75 derajat hingga mendekati daging porting. Modifikasi back cut 30 derajat pada klep in dilakukan untuk menambah flow meski tidak memodifikasi camshaft. Setelan klep standard bawain pabrik. 

Porting hanya dirapikan pada bowl area intake, sedangkan bagian luar tak disentuh. Pada porting exhaust hanya dihaluskan saja dan di polished.

Fine Tuning



Finishing tuning ingatlah seandainya kamu memang suka seting dan detail. Gantilah stand alone ecu langsung , jangan piggyback. Karena bagaimanapun tetap ada keterbatasan dalam tuning dan pemrosesan data,sebab kinerja piggyback masih menumpang pada ecu asli. Fitur yang ada pun seringkali sangat minim, utamanya hanya mengatur asupan bahan bakar saat open throtle. Tidak ada fitur accelerator, deceleration, injector timing, dan banyak fitur engine set up pada pro ecu.

 Apalagi jika kalian sudah terbiasa tuning diatas dyno dan berpatokan pada AFR. Maka ketelitian dan ukuran menjadi penting dalam membenahi kurva torsi maupun tenaga. 

Berhubung motor ini hanya mengandalkan piggyback maka ekstra 2-3dk lagi sudah istimewa meski kurva tenaga yang dihasilkan kurang disuka ada lemotnya karena derajat pengapian pun masih standard. 

Tapi apapun harus…

Tetap Sehat ! Tetap Semangat ! Biar bisa modifikasi tiap hari. 


Alhamdulillah,

image

Masih diberi rejeki, punya banyak teman – sahabat yang menemani belajar. Susahnya jadi mekanik itu kudu terus ber evolusi, adaptasi pada teknologi kekinian. Jadi ngga cuma tau cabe-cabean, tapi jamur, dan Macan Ternak… waduuuhh. Coba kalau buka warung nasi goreng, enak belajarnya hanya sekali – nggorengnya seumur idup makin lama resepnya dianggap kuno dan joss… Kalau mekanik ilmu nya kuno? Ah, entahlah…

image

Menghadapi era injeksi , bersyukur kita punya bos sayekti , yang punya fu injeksi dan mau jadi bahan praktikum untuk belajar. Saya yang sempat jatuh cinta pada honda sonic , lha kok langsung jatuh berpaling begitu ada wartawan datang ke bengkel untuk uji test dyno dan serangkaian percobaan lainnya. Kenapa? Gasingan rpm nya ringan dan safe limitnya tinggi, di 13,000 Rpm.

image

Pertanyaan berlanjut, emang kenapa? Motor yang bisa bergasing di putaran tinggi dan aman, berarti ia memiliki mechanical efficiency bagus. Alias harmonisasi antar part berputar, bergesek, menghantar semua berjalan tanpa perlawanan. Tanpa getaran yang berarti ketika digeber mentok limit di posisi netral , sebelas dua belas dengan yamaha r25 atau ninja250 cuma ini kapasitas mesin lebih kecil dan 1 silinder hihihi…

image

Ditambah hasil dyno nya , output power 17dk kondisi standard!! tidak hanya tertinggi di kelasnya ayago, dia juga tertinggi di kelas bebek. Sungguh mengobati kebosanan naik motor matic / bebek yang bertenaga dibawah 10dk dan kesedihan naik fu euro yang powernya mengecil wkkwkw. Kenapa tidak semenarik mx king, mengingat kalau upgrade mx king powernya menggila ya maklum racing partnya terlanjur banyak. Dilihat saja nanti, kalau sudah ada kreatifitas anak bangsa indonesia menjamah fu atau sonic fi pasti hasilnya lebih W.O.W karena masing masing mengusung new concept ketimbang mesin vixion di label lain… hmmm

Dalam kondisi standar, coba copot busa filter tenaga langsung naik jadi 17,6dk dan torqi 13,7nm. Enaknya… berarti betul to teorema more flow hasilnya sama dengan more energi. Maka kita segera bongkar fu fi untuk modifikasi porting, bore up dan naik kompresi, rencananyaaa… Tapi berhubung begitu lihat block cylinder nya lebih ribet dari mx, bijaknya ya nunggu yang punya motor beli block 1 lagi buat di rusak hehehe… crankcase fu fi sangat besar, jadi kalau berencana bore up 70 atau 72 langsung bleng. Pabrikan suzuki kayanya udah banyak baca modifan rat, sekalian prepare besarin krengkes hehehhe…

image

Untuk sementara, kita porting saja cylinder head nya. Tak banyak yang dilakukan karena intake , throtle body, dan porting sudah matching. Pisau tuner cuma menyapu bowl area , meniruskan sekat, dan porting 0.5mm keliling menghilangkan kulit jeruk di bagian luar sebagai syarat dari mbah dukun. Hehehe… mau di back cut lha kok klep nya dari pabrikan sudah ada back cut nya 30 derajat, mau kita extreme cut ala klep balap yang tipis, nanti dulu .. biar temen temen tahu sekalian lah seberapa enaknya porting polished di mesin injeksi. Area porting buang sama aja, pemfokusan arah dari valve seat ke bowl area dan yang match ke leher knalpot di selaraskan dan difinishing polished. Bukankan porting itu lebih ke seni ketimbang sains ehehehe… lagipula udara lebih menyukai bentuk , geometri , ketimbang ukuran meskipun size does matter.

image

Mau naikin kompresi copot paking blok bawah, air radiator nya tembus ke crankcase untuk dipacu waterpump di area kopling. Oalahhhh… mau papas head? Masih sayang … ampun deh… ini jadi kaya modif anak sekolahan ya , porting aja. Padahal anak sekolah aja udah main bore up.

Setelah dirakit ulang akhirnya kita copot aja sekalian box filter nya, kita jadikan open filter full. Bismillah, gasss… di dyno hasilnya mantappp! Puncak tenaga bergeser di 11,000 rpm diikuti tenaga yang serta merta berubah menjadi 19,2dk. Namun hasil ini sangat cepat di dapat, baru 5 kali running dyno mesin fu ini cepat panas. Solusinya, yang bener sih pasang piggyback. Cuma berhubung sekalian bikin konsep modif murmerceng, pasang aja o2 manipulator buatan cheetah power murah meriah. Apa sih o2 manipulator guys, kok kupingku geli dengernya? Hehehe

image

Yogi siswa rat bertugas bikin porting special

image

image

O2 manipulator ini meskipun murah dan plug n play, diluar negri juga banyak yang make lho. Konsep O2 Manipulators bekerja dengan cara mengatur ulang keluaran voltase oxygen sensor ke ECU. Karena mendapat input yang berbeda , oleh ECU data diolah sedemikian hingga ECU memerintahkan injektor untuk menambah sedikit bingit extra semporotan bahan bakar supaya balik lagi normal ke ke 14,7 : 1. Coba kalau bisa dibikin agak borosss ke 13: 1 pasti performa mesin bakal optimal. Dadi ini kalo di karburator kaya nyetel ulang angin angin gitu paling lho ya … belum ke ganti spuyer. Bener po ra CMIIW hehehhe …

Karena murah meriah tampilannya sangat sederhana dan cuma main tombol klik. Tak banyak kombinasi yang kita coba , tertinggi di 19,9dk yaaa anggep aja 20dk lah guys bonus 0,1dk hehehe di rpm 11500  geser lagi, dan torsi naik 14,4nm di 8500 rpm. Lebih penting fungsinya sudah berhasil, bikin mesin ga garing garing banget hehehe…

image

Tak lupa guys, karena mesinnya super panjang nafasnya, kamu ga bakal ngabisin gigi di lintasan 1200m , maka gir belakang dinaikkan 3 mata. Dari standarnya 38 jadi 41, sebenernya pengen kaya fu lama yang make gir 43 berhubung gir nya ga sama pangkuan baut 4 nya, malah cocok sama megapro ya udah dipasang aja. Aduhai akselerasi jadi enak sekali… ga ada kekosongan tenaga, dibuat jalan pelan pindah givi tiap rpm 4000 mau, ditarikin pun kontan banget – topspeed 150kpj enteng dengan rider 60kg an guys, udah berasa naik motor roadrace mp3 versi harian dan murah… Josss !!

Disyukuri dahulu, sembari hunting blok dan head nya. Yuk belajar injeksi, menyenangkan kok, gampang kencang.

Tetap sehat – tetap semangat! Biar bisa modifikasi mesin tiap hari .

image

RAT MOTORSPORT / 
Raya bypass juanda no 17 
Sidoarjo 

081703535093
Ig : ratmotorsby 
Pin bbm : 264aca8d / 5511f3340000


Alhamdulillah,

image

Ini adalah salah satu pengalaman menyenangkan dalam history RAT motorsport. Ya emang beberapa kali mendapat job porting cylinder head mobil, yang istimewa kali ini adalah semua crew ikut gila bongkar pasang mobil di bengkel hahaha… Bersyukur bertemu mr.B asal malang, dulu engineer salah satu pabrik rokok ini juga modifin motornya di RAT.

image

Seru bongkar mobil, jadi teringat masa stm waktu praktikum magang hehe.. tak lupa kita juga konsul ke sms motorsport surabaya teman kita. Juga pinjem dongkrak buaya, jack stand, di bengkel mobil tetangga hehehe. Seru juga kunci sock special tools pun bikin sendiri oleh mas fikri rat. Banyak yang terlibat disini semua crew rat jadi asyik sebentar terlibat.

image

Serunya pada keberhasilan bongkar pasang sendiri, tapi ampun dah ahhahah… sama waktu belanja paking head dan sil klep, mekanik mekainik lain bertanya lho mobil baru kok sudah rusak pak?” , saya jawab, ” ngga rusak pak, emang saya rusak , hehe” semua jadi ketawa bareng gerrr…  pengalaman bisa tau bubutan mobil buat scrap permukaan head 0,5mm. Seru ketika buka baut yang sulit hadeeeehhh…

image

image

image

Porting polished job yang dilakukan hanya sebatas membenahi bowl area yang mismatch antara porting dan valve seat, sementara area lain hanya dilebarkan 0,5mm keliling dan difinishing dengan amplas. Halus pada porting intake dan mengkilat licin pada jalur lubang exhaust. Desain porting exhaust yang langsung menyatu dari 4 silinder jadi satu membuat banyak torsi bawah terkorban meskipun sudah menganut teknologi vtec. Itulah kenapa porting in dibuat tidak terlalu kasar meski pengkabutan injeksi sudah pasti sempurna, supaya agak wet emulsi bahan bakar dan udara di putaran bawah, dan diimbangi naik kompresi bertujuan hasil torsi bawahnya lebih kuat.

Open air filter disematkan, meski sebenernya tanpa filter pun bisa nyala tapi kan nanti kena debu debu intan jadi kotor mesinnya hehehe… kalau balap aja dicopot. Riset kita pada motor injeksi, ketika copot filter torsi bawah sangat signifikan pula terangkat karena asupan udara ke mesin tentu bertambah. Mungkin besok pipa open air filter nya dipendekin bisa dicoba.

Set pelepas gas buang dipercayakan pesan dari ORD exhaust. Set mulai piping header , resonator , hingga muffler. Namun kayanya resonator nya keliru pesen yang buat matic malahan wkkwkwk suaranya adem banget alusss kaya paha jkt48 alah…

image

image

image

Untuk otak pengatur bahan bakar dan letik api diakali oleh dastek unichip, serta throtle modul dipasang supaya akselerasi pedal lebih responsif akibat sistem throtle by wire. Kita minta bantu salah satu bengkel mobil yang punya dyno. Sebernya ya pengen belajar remap ecu mobil sendiri dan ngegas mobilnya diatas dyno sendiri, kan saya juga kepooo hehehe… saking ga dapat softwarenya dan belum kenal akrab. Kedepan mungkin mulai upgrade perangkat lentik api dan kalibrasi lagi injektornya.

image

image

Untuk sekarang hasil 112dk dicukupkan dulu, semoga nanti dibuat iseng iseng main drag bisa menempuh yang terbaik… berapa seken ya hehehhe

image

Tetap sehat – tetap semangat biar bisa modifikasi mesin tiap hari

RAT MOTORSPORT /
Raya bypass juanda no 17
Sidoarjo
081703535093
Ig : ratmotorsby
Pin bbm : 264aca8d / 5511f334

jagoan mama 201